Pelatihan Kader Mubaligh dan Khatib NU MWC Kertasari

Pada tahun 2011 berbagai kegiatan telah dilakukan oleh NU baik tingkat cabang maupun MWC, dari beberapa kegiatan yang dilakukan oleh MWC NU, di antaranya adalah Pelatihan Kader Mubaligh dan Khatib NU oleh Majlis Wakil Cabang NU Kertasari. Di atas pegunungan dan hamparan kebun kentang, plus udara dingin yang menggigit, perwakilan Pengurus Ranting NU se-Kecamatan Kertasari mengikuti pelatihan kader mubaligh dan khatib NU yang diadakan oleh Pengurus MWC NU Kertasari.

Kegiatan itu dilaksanakan pada tanggal 28 sampai dengan 30 Desember 2011 dengan jumlah peserta sekitar 80 orang perwakilan ranting se-Kecamatan Kertasari. Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Bandung H. Dadang Naser, S.IP. dan Ketua PCNU Kabupaten Bandung. KH. A. Manshur dan dihadiri oleh semua pengurus MWC NU dan Ranting Kertasari. Dalam sambutannya Ketua PCNU, KH. A. Manshur, menyatakan perlunya mensosialisasikan dan melestarikan tradisi Islam Ahlussunah wal Jama’ah yang mulai terlupakan, sehingga pelatihan Kader Mubaligh dan Khatib NU ini perlu dijadikan agenda kegiatan oleh seluruh MWC NU se Kabupaten Bandung. Sebab, melalui para Da’i dan Khatib NU inilah sosialisasi dan pelestarian tradisi Islam Ahlussunah wal Jama’ah bisa lebih efektif dan efisien karena setiap hari mereka ini berhubungan langsung dengan masyarakat.

Nara sumber kegiatan ini diambil dari berbagai kalangan yang berkaitan dengan da’i dan khatib, dari PCNU Kabupaten Bandung sendiri selain Ketua Tanfidziyah yang memberikan materi pada sesi pembukaan juga Wakil Ketua H. Imron Rosyadi, S.Ag. dan Sekretaris H. Usep Dedi Rostandi, MA. memberikan materi tentang keorganisasian dan AD/ART NU agar warga Nahdliyyin mengerti tentang organisasi yang diikutinya. Dari anggota DPRD Kabupaten Bandung juga Asep Syamsudin, S.Ag. memberikan materi tentang komunikasi dakwah. Untuk memperluas wawasan tentang perpolitikan panitia menghadirkan juga nara sumber dari Partai Politik Kebangkitan Bangsa (PKB) H. Cucun Syamsu Rijal, S.Ag.

Acara ini ditutup pada tanggal 30 Desember 2011 oleh Wakil Rois PCNU Kabupaten Bandung KH. Asep Jamaluddin, M.Ag. dengan pesan bahwa para peserta pelatihan Da’i dan Khatib NU ini bisa membagikan ilmu dan wawasan yang didapatnya dari pelatihan ini kepada pengurus dan warga NU yang lainnya. Agar eksistensi Jam’iyyah NU bisa terus ada dan bergeliat dengan berbagai kegiatan di masyarakat sehingga tradisi Ahlussunah wal Jama’ah bisa terus diamalkan oleh masyarakat dalam rangka menjaga moral bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

+ 21 = 22

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>